Karya Ilmiah Tugas UTS Lingkungan Bisnis

 TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

PELUANG BISNIS FOOD TRUCK


Nama : Andri Zulfikar

Nim : 20.84.0227

Kelas : S1 Arsitektur

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARATA 2020/2021


KATA PENGANTAR

    Puji syukur kehadirat Allah SWT,yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah dengan baik, karya ilmiah ini di tulis guna memenuhi UTS kuliah lingkungan bisnis semester ganjil tahun akademik 2020/2021 UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA, judul karya tulis ini adalah peluang bisnis Food Truck yang dimana saya akan memberikan contoh usaha dengan modal yang tidak terlalu besar.

   Dalam karya tulis ini,saya ucapkan terimakasih kepada Rektor AMIKOM,Prof.Dr.M Suyanto,MM yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman tentang usaha kecil dan menengah.

   Saya telah berupaya menyempurnakan karya ilmiah yang saya buat, saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari teman-teman dan orang lain yang bersedia meluangkan waktu untuk membawa isi dari karya ilmiah ini.

   Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga karya ilmiah ini bisa di selesaikan. Saya berharap karya ilmiah lingkungan bisnis ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa dipakai sebagai bahan referensi yang dapat memberikan wawasan luas dalam bisnis. 


PENDAHULUAN

A. ABSTRAK 

   Bisnis food truck menjadi pilihan para pengusaha kebanyakan saat ini. Cara ini merupakan salah satu inovasi yang menarik untuk berjualan selain berjualan dengan gerobak. Saat ini memang sedang booming berjualan dengan menggunakan truck ini. Selain karena praktis bisa pindah-pindah tempat jualan, dengan konsep ini cukup menarik. Sehingga penggemarnya cukup banyak karena keunikannya.

   Fenomena restoran berjalan alias food truck belakangan ini memang sedang ramai diperbincangkan, terutama dikalangan para anak muda milenal. Trend menjajakan aneka macam kuliner di atas mobil ini mulai digandrungi masyarakat sejak tahun 2013 silam, terutama di kawasan kota-kota besar di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu bisnis dengan konsep restoran berjalan ini baru-baru ini mulai menjamur disudut-sudut kota.

  Mengikuti perkembangan trend kota-kota besar di dunia, ternyata peluang bisnis food truck di Indonesia tak kalah menjanjikan. Pasalnya, hampir setiap harinya di sudut keramaian kota, sudah berjejer barisan mobil yang membuka lapak food truck berbagai menu makanan dan minuman.

  Dengan menggunakan mobil keliling, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat. Maka tak heran jika saat ini banyak pelaku bisnis kuliner yang memilih strategi ini, untuk menjalankan bisnisnya.

  Di Amerika, bisnis food truck memang diakui sebagai salah satu bisnis kekinian dengan peluang berkembang sangat besar. Bisnis ini diestimasikan tumbuh ke angka US$2,17 miliar (atau setara dengan Rp30,5 triliun) di AS per 2017, yang berarti meningkat hampir empat kali lipat dari US$650 juta (setara dengan 9,1 triliun) di tahun 2012.

   Sejak mulai merambah ke tanah air di tahun 2013, bisnis food truck memang disambut dengan sangat baik. Terbukti dengan lebih dari 50 bisnis food truck bergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). 

  Bahkan di Jakarta jumlah bisnis ini dikabarkan naik 100% dari tahun 2014 ke tahun 2015. Di mana awalnya hanya 35 bisnis, hingga 70 bisnis hanya dalam 1 tahun saja

B. PEMBAHASAN

1. Modifikasi food truck

 Modifikasi food truck Anda menjadi lebih menarik dan unik. Ini bertujuan agar truck Anda mudah diingat dan terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya. Membuat food truck menjadi lebih menarik juga bertujuan sebagai media promosi.

 2. Menu Menarik 

Sediakan menu makanan yang unik dan tentunya menarik. Menu makanan baru yang menarik tentu akan membuat pelanggannya banyak karena penasaran. Untuk itu coba jajakanan makanan yang belum banyak ditekuni. 

3. Konsep Menarik

 Konsep yang juga menarik. Selanjutnya kemasan menarik nan kekinian untuk menunjang tampilan dan juga sebagai cara promosi. Buat kemasan makanan atau minuman yang Anda tawarkan agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan konsep food truck yang Anda usung. Untuk membantu menyempurnakan kemasan makanan atau minuaman di dikemas.com aja. Kami bantu desain sesuai konsep keinginan Anda.

 4. Aktif diSosial Media 

Aktif di sosial media menjadi salah satu cara untuk update informasi mengenai bisnis Anda. Bisnis dengan konsep food truck ini tentu akan berpindah-pindah tempat mangkal. Maka usahakan untuk selalu aktif di media sosial agar para pelanggan tidak ketinggalan informasi dimana Anda mangkal, menu yang disajikan dan promo yang sedang berlaku. 

5. Ulasan Positif

 Ulasan positif online sangat dibutuhkan bagi para pengusaha kuliner. Ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan pasalnya masyarakat kini lebih percaya dengan adanya ulasan atau testimoni menganai bisnis. Maka usahakan untuk memberikan pelayanan yang paling baik untuk menjaga citra bisnis Anda.

 6. Promo dan Diskon

 Adakan promo dan diskon. Menjadi suatu momen yang sangat dinanti oleh masyarakat bila ada promo diskon. Maka untuk menarik para pelanggan tak ada salahnya jika Anda adakan diskon atau promo pada hari tertentu. 

7. Kreativitas dan Inovasi 

Terusalah berkreativitas dan bermain dengan inovasi. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan melakukan inovasi untuk membuat tampilan dan sajian menu lyang lebih menarik agar prlanggan tidak bosan. 

8. Sampel Makanan 

Terakhir sediakan sampel makanan di food truck Anda. Untuk membuat pelanggan percaya dengan cita rasa makanan yang Anda tawarkan, tidak ada salahnya menyediakan sampel makanan.

Komentar

Posting Komentar