Karya Ilmiah Tugas UTS Lingkungan Bisnis

 TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

PELUANG BISNIS PET SHOP


Nama : Andri Zulfikar

Nim : 20.84.0227

Kelas : S1 Arsitektur

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARATA 2020/2021


KATA PENGANTAR

    Puji syukur kehadirat Allah SWT,yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah dengan baik, karya ilmiah ini di tulis guna memenuhi UTS kuliah lingkungan bisnis semester ganjil tahun akademik 2020/2021 UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA, judul karya tulis ini adalah peluang bisnis Pet Shop yang dimana saya akan memberikan contoh usaha dengan modal yang tidak terlalu besar.

   Dalam karya tulis ini,saya ucapkan terimakasih kepada Rektor AMIKOM,Prof.Dr.M Suyanto,MM yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman tentang usaha kecil dan menengah.

   Saya telah berupaya menyempurnakan karya ilmiah yang saya buat, saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari teman-teman dan orang lain yang bersedia meluangkan waktu untuk membawa isi dari karya ilmiah ini.

   Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga karya ilmiah ini bisa di selesaikan. Saya berharap karya ilmiah lingkungan bisnis ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa dipakai sebagai bahan referensi yang dapat memberikan wawasan luas dalam bisnis. 


PENDAHULUAN

A. ABSTRAK 

   Bisnis Petshop yang dulunya jarang atau bahkan tidak ada yang menjalankannya kini semakin banyak dan menjamur diberbagai daerah, entah darimana awal mulanya dan siapa pencetusnya. Bisnis yang menyediakan kebutuhan dan perlengkapan hewan peliharaan ini memiliki prospek yang positif karena semakin banyaknya masyarakat yang mempunyai dan menyukai hewan peliharaan baik sebagai hobi atau yang diperjual belikan.

   Jika sebelumnya hobi Anda dalam memelihara binatang peliharaan hanya menghabiskan uang, kali ini Anda dapat membalik keadaan tersebut dengan cara menjadikan hobi Anda menjadi ide bisnis yang cemerlang dan menjanjikan.

   Tidak banyak yang berani untuk memulai bisnis karena rasa ragu dan takut tidak balik modal, itu adalah hal yang wajar. Bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis ini bisa mengembangkannya dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini, dan bagi Anda yang belum menjalankannya namun tertarik untuk menjalankaannya Anda belum terlambat.

B. PEMBAHASAN

1. Pintar membaca peluang

   Jika Anda belum menjalankan bisnis ini dan hendak menjalankannya sebaiknya Anda segera membaca peluangnya, lihat sekitar Anda apakah ada bisnis yang sejenis jika belum ada maka Anda memiliki peluang yang besar, jika sudah ada yang menjalankan Andapun masih punya peluang tinggal Anda coba beli produknya dan amati kekurangan-kekurangannya termasuk harga, kemudian lengkapi kekurangan tersebut di toko petshop Anda.

2. Baca tantangan

   Salah satu tantangan dari bisnis ini adalah target pasar, Anda harus jeli dalam memilih tempat Anda akan mendirikan bisnis ini, misalnya cari tempat yang dekat dengan perumahan karena pada umumnya orang yang tinggal diperumahan memiliki hewan peliharaan. Selain itu carilah tantangan lainnya yang akan menjadi kendala bisnis Anda, misalnya tempat beli produk-produk yang akan dijual apakah jaraknya terjangkau dan harganya bisa laku dipasaran.

3. Siapkan modal

Walau bagaimanapun modal menjadi salah satu aspek terpenting dalam bisnis, begitu juga bisnis ini akan tetapi bisnis ini tidak begitu memerlukan modal yang sangat besar, menurut praktisi dengan modal 10 juta sudah bisa menjalankan bisnis ini. Mulailah dari modal kecil kemudian kembangkan, dari pada harus menunggu mempunyai modal besar tanpa melakukan apa-apa.

4. Bisnis Anda harus beda dengan yang lainnya

Jika yang lain hanya menjual makanan dan aksessoris Anda harus beinovasi sekreatif mungkin, misalnya dengan menerima jasa memandikan, potong kuku, membersihkan telinga dan lainnya atau bisa dengan menerima jasa penitipan hewan peliharaan.

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, menjual aksesoris, mainan, dan sebagainya. Untuk memberikan image positif bagi pet shop, Anda juga bisa memberikan layanan dengan sistem one-stop-service atau semua jenis layanan. Anda juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan. Dengan begitu, target pasar Anda akan semakin besar karena layanan yang Anda berikan begitu lengkap.

5. Pelajari ilmunya

Bagi Anda yang menyukai hewan peliharaan dan pernah mimilikinya tentu tidak sulit karena Anda telah memiliki pengalaman walaupun sedikit, tinggal Anda kembangkan dengan belajar lebih detail lagi, Anda bisa belajar lewat youtube atau yang lainnya.

Sekalipun Anda telah punya banyak ilmu dan pengalaman soal hewan peliharaan sebelumnya, namun saat terjun ke dunia bisnis pasti akan ada kesulitan kesulitan dan kendala yang akan Anda alami, namun ini tidak boleh menjadi hambatan untuk terus berjuang dalam bisnis Anda.

6. Lakukan pemasaran yang efektif

Jika usaha Anda telah siap lakukanlah pemasaran baik dengan cara menyebar brosur atau mengirim pesan ke teman-teman dan orang-orang sekitar, pada dasarnya pemasaran dilakukan untuk memberitahukan bahwa usaha Anda ada dan agar orang-orang mengingatnya, tujuan pemasaran tidak harus ada pembeli dalam waktu dekat karena itu hanya tujuan jangka pendek saja, tujuan pemasaran jangka panjang adalah buat semua orang mengetahui toko Anda dan mengingatnya jadi bila suatu saat butuh orang-orang sudah tahu harus beli dimana.

7. Beri kesan terbaik

Bila ada pengunjung yang datang baik itu membeli barang atau hanya sekedar melihat-lihat berilah kesan ramah dan nyaman bila belanja ditoko Anda karena itulah pemasaran yang paling baik, jika pelanggan tersebut suka dan terkesan maka dia akan menceritakan pada teman-temannya dan merekomendasikannya.

8. Gunakan sosial media

Di zaman sekarang tidak sulit untuk memasarkan produk atau jasa dengan cuma-Cuma alias gratis, karena di era global ini hampir semua orang terkoneksi dengan media sosial maka manfaatkanlah dengan baik seperti instagram, facebook, twitter dan lainnya. Postinglah secara konsisten setiap hari agar bisnis Anda cepat dikenal oleh masyarakat.

9. Berilah saran

Jika ada pelanggan yang ingin membeli sesuatu namun tidak ada ditempat Anda maka berilah saran atau solusi, ini terlihat sepele namun akan sangat berkesan bagi pelanggan, jangan mengacuhkan para pelanggan karena pelanggan tidak suka itu.

10. Jangan mudah menyerah

Lika liku bisnis yang sebenarnya tak semudah yang banyak orang telah ceritakan secara singkat, dalam membangun bisnis banyak pengorbanan dan perjuangan yang harus dilakukan secara konsisten. Jika Anda berada pada titik terendah dalam bisnis Anda janganlah menyerah karena bisa jadi itu adalah awal dari keberhasilan bisnis Anda, kuncinya adalah jangan lalai dan melakukan kesalahan-kesalahan fatal seperti menjual produk tidak baik, buka toko tidak konsisten dan lainnya, hal semacam itu akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

11. Lokasi Pet Shop

Sebelum memulai bisnis pet shop, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi bisnis. Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Salah satu tips dalam memilih lokasi pelanggan antara lain:

Lokasi yang kondusif, lokasi harus bebas dari kebisingan, buatlah toko petshop Anda dapat menangkal suara dari luar agar hewat tidak mudah stress, buat penyaring udara, dan juga pendingin udara.

Kebersihan toko juga perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan juga kesehatan hewan yang dijual.

Dekat dengan pemukiman. Dekat dengan pemukiman agar toko Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu Anda perlu menghindari lokasi-lokasi seperti tempat makan, pasar atau perkantoran.

12. Minta Izin Lingkungan

Setelah Anda memilih lokasi bisnis dan lokasi tersebut berada di kawasan yang cukup ramai, Anda harus meminta izin kepada warga sekitar. Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, Anda sudah menghargai orang sekitar, karena tidak semua orang nyaman ada di dekat hewan tertentu. Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

13. Bangun Hubungan dengan Komunitas

Bisnis pet shop  merupakan bisnis yang mengandalkan komunitas. Salah satu caranya yaitu membangun hubungan dengan komunitas. Membangun hubungan dengan komunitas dapat berupa melakukan promosi dan layanan khusus untuk komunitas tertentu dan terlibat dalam event-event yang diselenggarakan komunitas.


Komentar

Posting Komentar