Karya Ilmiah Tugas UTS Lingkungan Bisnis

TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

PELUANG BISNIS OLAHRAGA


Nama : Andri Zulfikar

Nim : 20.84.0227

Kelas : S1 Arsitektur

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARATA 2020/2021


KATA PENGANTAR

    Puji syukur kehadirat Allah SWT,yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah dengan baik, karya ilmiah ini di tulis guna memenuhi UTS kuliah lingkungan bisnis semester ganjil tahun akademik 2020/2021 UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA, judul karya tulis ini adalah peluang bisnis Olahraga yang dimana saya akan memberikan contoh usaha dengan modal yang tidak terlalu besar.

   Dalam karya tulis ini,saya ucapkan terimakasih kepada Rektor AMIKOM,Prof.Dr.M Suyanto,MM yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman tentang usaha kecil dan menengah.

   Saya telah berupaya menyempurnakan karya ilmiah yang saya buat, saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari teman-teman dan orang lain yang bersedia meluangkan waktu untuk membawa isi dari karya ilmiah ini.

   Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga karya ilmiah ini bisa di selesaikan. Saya berharap karya ilmiah lingkungan bisnis ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa dipakai sebagai bahan referensi yang dapat memberikan wawasan luas dalam bisnis. 


PENDAHULUAN

A. ABSTRAK 

   Olahraga adalah suatu bentuk fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. 

   Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat meningkatkan derajat kesehatan, olahraga itu sendiri merupakan kebutuh pokok dalam kehidupan kita sehari-hari. 

   Dijaman sekarang olahraga menjadi minat dengan banyak ragamnya jenis olahraga seperti basket, sepak bola,dll

   Dengan itu menjadikan sebuah ide bisnis dari olahraga Tersebut,Mulai dari modal kecil hingga besar, Anda bisa menjadikan peluang bisnis olahraga yang bisa mendatangkan untung menjanjikan. Sebenarnya modal utama untuk menjalankan bisnis olahraga adalah kecintaan dan pemahaman Anda terhadap olahraga itu sendiri.

   Apa yang kamu artikan dengan olahraga? Olahraga apa yang benar-benar Anda pahami? Seberapa besar Anda menyukai olahraga? Ketika Anda sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar tersebut maka Anda adalah orang yang tepat untuk mulai menjalankan bisnis olahraga.

    Bisnis olahraga pada dasarnya tidak akan mati dan tidak akan pernah kehilangan pelanggan. Seperti yang telah disebutkan di atas, olahraga sudah menjadi bagian dari kehidupan seseorang. Bila Anda jeli dengan peluang yang ada, dari bisnis olahraga ini Anda bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan

  Apalagi saat ini tren dan minat berolahraga masyarakat Indonesia sedang mengalami peningkatan. Tentu peluang bisnis dalam bidang olahraga masih sangat besar. Ambil contoh olahraga paling terkenal sejagat raya, sepakbola. Menurut laporan Deloitte seperti dipublikasikan BBC, keuntungan sepakbola di Eropa pada tahun 2016-17 saja sebesar 14,7 EUR atau sekitar Rp235 triliun.



B) Pembahasan

   Dalam karya ilmiah ini ada beberapa peluang usaha rumahan yang sudah cukup banyak di jalankan dan menghasilkan :

1. Arena Nobar

   Anda punya sebuah cafe atau coffee shop dan ingin melebarkan bisnis Anda dan membuka bisnis dalam bidang olahraga?

   Manfaatkan saja cafe atau coffee shop Anda menjadi arena nobar acara olahraga, Tidak perlu repot membuka ruang baru dan menyusun rencana bisnis.Anda hanya perlu menyiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk arena nobar.

   Pendukung olahraga sepakbola dan balap motor MotoGP biasanya yang paling sering mengadakan acara nonton bareng. Dijamin cafe atau coffee shop Anda selalu ramai dan laris.


2. Toko Olahraga

   Membuka sebuah toko olahraga bisa jadi impian banyak pecinta olahraga. Bayangkan saja, hampir setiap jenis olahraga pasti memerlukan perlengkapan olahraga. Mulai dari pakaian olahraga, peralatan olahraga seperti bola atau pun raket, dan juga aksesoris olahraga. Dengan membuka toko perlengkapan olahraga, kamu tidak hanya memfasilitasi satu jenis olahraga, tapi bahkan banyak jenis olahraga. Apalagi jenis olahraga sangat beragam, mulai dari yang banyak peminatnya seperti sepakbola, basket dan voli hingga yang peminatnya terbatas seperti sepak takraw atau pun hoki.

   Kamu juga bisa membuka toko olahraga khusus di satu tema olahraga saja. Misalnya kamu adalah pecinta olahraga bela diri, kamu bisa membuka toko olahraga khusus bela diri. Olahraga jenis bela diri juga sangat banyak. Mulai dari karate, judo, pencak silat, jiu-jitsu, muaytahi, boxing, dan lainnya. Dari satu tema olahraga ini kamu bisa sediakan segala perlengkapan dan peralatan yang biasanya para pecinta olahraga bela diri butuhkan.


3. Sewa Lapangan

   Semakin hari, arena olahraga yang difungsikan sebagai fasilitas publik gratis seperti lapangan sepakbola dan trek atletik semakin terkikis. Itulah kenapa semakin banyak fasilitas olahraga komersil dibangun di berbagai daerah. Arena olahraga seperti lapangan futsal, basket, kolam renang, dan gym menjadi salah satu peluang bisnis dalam industri olahraga. Tetapi besarnya peluang bisnis arena olahraga ini belum sebanding dengan fasilitas yang tersedia. Bisa diambil contoh gym.

   Menurut CEO Gold’s Gym Indonesia seperti diberitakan Kompas, jumlah ketersediaan pusat kebugaran masih sangat kecil, hanya sekitar 1 persen. Peluang bisnis sewa arena olahraga ini jelas masih sangat terbuka lebar, Kalau kamu punya modal yang cukup besar, kamu bisa membuat arena olahraga yang disewakan. Bisa lapangan futsal, kolam renang, gym, sasana bela diri, lapangan badminton, dan lainnya.


4. Souvenir

   Hampir setiap bulan selalu ada acara olahraga yang digelar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Mulai dari olahraga badminton, basket, sepakbola, hingga olahraga yang lebih sedikit peminatnya seperti atletik atau lari marathon. Setiap ajang olahraga tersebut sebetulnya peluang besar bagi kamu yang tertarik berkecimpung di bisnis olahraga ini. Kamu bisa menawarkan berbagai merchandise olahraga baik untuk penonton ataupun para pesertanya. Mulai dari pernak-pernik seperti syal, topi, mug, kaos, gantungan kunci, topi, hingga tas semua bisa menjadi komoditi yang menarik bila dihubungkan dengan olahraga tertentu. Pastikan kemasan produk merchandise juga menarik ya.

Komentar

Posting Komentar